IDENTIFIKASI KERUSAKAN JALAN PADA RUAS SOEKARNO HATTA BANDARLAMPUNG UNTUK MEMILIH TEKNOLOGI PEMELIHARAAN PREFENTIF SERTA MENGHEMAT NILAI BOK (BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN)Josua Ales Sandro Hutapea / Hermon Frederik Tambunan, S.T., M.T. / Teknik Sipil, 2022ABSTRAK IDETIFIKASI KERUSAKAN JALAN PADA RUAS SOEKARNO-HATTA BANDARLAMPUNG UNTUK MEMILIH TEKNOLOGI PEMELIHARAAN PREVENTIF SERTA MENGHEMAT NILAI BOK (BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN) Oleh Josua Ales Sandro Hutapea NIM. 21116018 Program Studi Teknik Sipil Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Ke... |
ANALISIS BEBAN EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR DI PUSAT KOTA BANDARLAMPUNG (Studi Kasus : Jl.Kota Raja-Jl.Raden Intan-Jl.Jendral Ahmad Yani-Jl.RA Kartini dan Jl.Yos Sudarso)Aji Saputra / Dr. Eng. Ir. Aleksander Purba, S.T., M.T., IPM ASEAN Eng. / Teknik Sipil, 2023Kota Bandarlampung sering digunakan sebagai tempat kegiatan transaksi ekonomi antar kota bahkan antar pulau, sehingga mengakibatkan meningkatnya jumlah penduduk di kota Bandarlampung. Hal tersebut mengakibatkan pergerakan lalu lintas meningkat dan menjadi faktor permasalahan lalu lintas yaitu salah ... |
Analisis Nilai Ekuivalensi Mobil Penumpang (EMP) Pada Ruas Jalan di Kota BandarLampung (Studi Kasus: Ruas Jalan Ratu Dibalau dan Ruas Jalan Pulau Damar)Muhammad Irsal Maulana / Ir. Amelia Oktavia, S.T., M.T., IPM / Teknik Sipil, 2023Pertambahan volume kendaraan provinsi lampung mengakibatkan penurunan kinerja jalan. Evaluasi kapasitas adalah pencegahannya, menentukan kapasitas terdapat beberapa parameter salah satunya yaitu EMP. Dalam hal ini, analisis kinerja ruas jalan mengacu pada MKJI 1997. Karakterisitik MKJI 1997 sangat d... |
Perencanaan Desain Geometri Jalan Rel Rute Rejosari-TarahanMartin Juharlin Situmeang / Ir. Amelia Oktavia, S.T., M.T., IPM. / Teknik Sipil, 2023Pada era modern saat ini segala aktivitas kehidupan manusia tidak terpisahkan dari transportasi/perpindahan barang atau manusia antar tempat, sehingga diperlukan salah satu sarana transportasi yang efisien, misalnya kereta api. Kereta api merupakan serangkaian kendaraan yang ditarik oleh suatu lokom... |
Evaluasi Kinerja Pelayanan Stasiun Kereta Api Kotabumi Kabupaten Lampung Utara Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Dan Metode KanoMarnida Aryani / Ir. Amelia Oktavia, S.T., M.T., IPM. / Teknik Sipil, 2023Stasiun Kereta Api Kotabumi merupakan stasiun yang berada di Desa Cempedak, Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung. Stasiun ini melakukan pelayanan menaikan dan menurunkan para penumpang. Para penumpang tentunya akan merasakan sebuah kinerja pelayanan stasiun yang diukur denga... |
Analisis Karakteristik Marshall Pada Campuran Laston AC-BC (Asphalt Concrete - Binder Course) Dengan Variasi Penambahan Abu Kulit Kolang-Kaling Sebagai Filler Bergradasi Batas AtasMuhammad Iqbal / Ir. Amelia Oktavia, S.T., M.T., IPM. / Teknik Sipil, 2023Lapis aspal beton (Laston) AC-BC merupakan lapis perkerasan yang berada diantara lapis AC-WC dan AC-Base. Lapis AC-BC yang baik dan kuat menahan beban sangat diperlukan untuk menjaganya dari kerusakan selama unur rencana. Oleh karena itu, penelitian ini adalah eksperimen untuk mencari alternatif pen... |
Analisis Karakteristik Marshall Campuran Aspal Dengan Menggunakan Abu Kulit Kolang-Kaling Sebagai Filler Pada Laston AC-BC Bergradasi Batas BawahM. Rizki Indrajaya / Ir. Amelia Oktavia, S.T., M.T., IPM. / Teknik Sipil, 2023Penelitian ini menggunakan bahan limbah kulit kolang kaling sebagai pengganti bahan tambah (filler ) pada campuran aspal beton AC-BC bergradasi batas bawah. Salah satu faktor memilih limbah kulit kolang kaling ini yaitu karna akan mengakibatkan tercemarnya lingkungan sekitar khususnya pada sungai. P... |
Analisis Karakteristik Campuran Aspal Dengan Menggunakan Abu Kulit Kolang-Kaling Sebagai Filler Pada Laston AC-WC Bergradasi Batas BawahPutri Novita Sari / Ir. Amelia Oktavia, S.T., M.T., IPM. / Teknik Sipil, 2023Lapisan perkerasan AC-WC (Asphalt Concrete-Wearing Concrete) merupakan jenis dari lapisan perkerasan lentur. Dalam meningkatan perkerasan jalan terdapat beberapa aspek yang perlu di amati seperti mutu agregat, cara penerapan, dan mutu aspal. Untuk penelitian ini memanfaatkan limbah kulit kolang-kal... |
Evaluasi Kinerja dan Fasilitas Perlintasan Sebidang Jalan Pemuda Kota BandarlampungI Ketut Merta Wijaya / Ir. Amelia Oktavia, S.T., M.T., IPM. / Teknik Sipil, 2024Semakin banyaknya penduduk di Indonesia menyebabkan perkembangan sarana transportasi semakin maju seperti dibangunnya jalan rel. Diantara jalan raya dan jalan rel terdapat perpotongan yang disebut sebagai perlintasan sebidang. Perlintasan sebidang memberi pengaruh yang besar terhadap aktivitas pengg... |
PEMANFAATAN LIMBAH ASPAL HASIL COLD MILLING MENJADI BAHAN LAPIS CEMENT TREATED RECYCLE BASE (CTRB) DENGAN ZEOLIT SEBAGAI SUBSTITUSI SEMEN PADA PERKERASAN JALAN RAYARizqy Lilo Hanantha / Ir. Amelia Oktavia, S.T., M.T., IPM., CST., CSP. / Teknik Sipil, 2024Perbaikan kerusakan perkerasan jalan raya pada perkerasan flexible pavement jika dilakukan secara berulang dapat menambah elevasi jalan itu sendiri. Maka untuk menghindari hal tersebut dapat dilakukan pembongkaran badan jalan dengan alat cold milling atau sejenisnya untuk mempertahankan elevasi bada... |
Penggunaan Limbah Beton Pada Campuran Cement Treated Recycle Base (CTRB) Dan Zeolit Sebagai Bahan Subtitusi Semen Pada Perkerasan Jalan RayaAthaya Farid Akbar / Ir. Amelia Oktavia, S.T.,M.T.,IPM.,CST.,CSP / Teknik Sipil, 2024Provinsi Lampung menjadi salah satu provinsi yang dilewati jalan tol Sumatera. Di sekitar jalan tol ini terdapat banyak limbah beton yang sudah tidak terpakai lagi. Pada penelitian ini dilakukan pemanfaatan limbah beton untuk bahan pengganti agregat kasar pada campuran cement treated recycle base (C... |
Pemanfaatan Daur Ulang Limbah Aspal Hasil Cold Milling Menjadi Bahan Lapis Cement Treated Recycle Sub Base (CTRSB) Dengan Zeolit Sebagai Subtitusi Semen Pada Perkerasan Jalan RayaMUHAMMAD DAFFA ALBASITH / Ir. Amelia Oktavia, S.T., M.T., IPM., CST., CSP / Teknik Sipil, 2024Cement Treated Recycle Sub Base (CTRSB) adalah Campuran agregat, Semen portland dan Air yang kuat dan tahan lama yang banyak digunakan sebagai base course/sub base course dalam konstruksi perkerasan jalan. Lapisan ini dapat digunakan di perkerasan fleksibel atau kaku, dan berbagai bahan yang mung... |
Pemanfaatan RCA (Recycled Concrete Aggregate) Sebagai Bahan Tambah Agregat Kasar Pada CTRSB (Cement Treated Recycle Sub Base) Dan Zeolit Sebagai Bahan Subtitusi SemenAmordhion Nurkirana / Ir. Amelia Oktavia, S.T., M.T., IPM., CST., CSP / Student Dissertations and Theses, 2024Cement Treated Recycle Sub Base (CTRSB) merupakan campuran material konstruksi yang terdiri dari agregat, semen Portland, dan air, yang terkenal karena kekuatan dan ketahanannya yang tinggi, sering kali digunakan sebagai lapisan dasar dalam proyek konstruksi perkerasan jalan. Penggunaan CTRSB ini me... |
Analisis Uji Kekerasan dan Uji Struktur Mikro Rel Kereta Api Tipe Rel R-54 Dengan Variasi Media Pendingin Heat TreatmentADINDA KANAYA TABITHA / Ir. Amelia Oktavia, S.T.,M.T.,IPM.,CST.,CSP / Student Dissertations and Theses, 2024Baja rel R.54 merupakan baja yang termasuk kedalam baja karbon tinggi. Baja rel R.54 memiliki unsur karbon 0,60-0,80 % memungkinkan dapat dilakukan proses pengerasan dengan perlakuan panas (Heat Treatment) yang sesuai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental laboratorium. Penelitian ber... |
Evaluasi Peningkatan Keselamatan Perlintasan Sebidang Kereta Api di Kota Bandar Lampung (Rute Tanjung Karang - Garuntang)ULUL AMRI / Ir. Amelia Oktavia, S.T.,M.T.,CST.,CSP / Student Dissertations and Theses, 2024Perlintasan sebidang kereta api adalah persilangan antara jalur kereta api dengan jalan, baik jalan raya ataupun jalan kecil lainnya, merupakan titik terjadinya konflik antara moda transportasi. Pertemuan antara dua jenis prasarana transportasi jalan raya dengan perlintasan rel kereta api Kota Banda... |
Analisis Skilu pada Rel Lengkung No 14 KM 7+931-8+071 dan No 15 KM 8+137-8+253 di DIVRE IV Tanjung Karang (Studi Kasus Lintas Garuntang – Tanjung Karang)Satriya Fadhilah Akbar / Ir. Amelia Oktavia, S.T.,M.T.,IPM.,CST / Teknik Perkeretaapian, 2024Skilu adalah perbedaan pertinggian antara sisi rel sebelah kiri dan kanan rel setiap tiga meter atau enam bantalan. Wilayah Divre IV Tanjung Karang petak lintas Garuntang-Tanjung Karang merupakan salah satu wilayah operasional kereta api yang melayani pengangkutan batubara rangkaian panjang serta mu... |